Thursday, January 27, 2011

Buat Valve King Seperti Valve RXZ/Sport

Banyak sekali penggemar serta para mekanik kurang begitu puas dengan Valve standar RX-King guna mendapat performa yang maksimal. Kocek pun dirogoh cukup dalam guna mengganti part katub pengatur & pemasok bahan bakar yang akan dijejali ke silinder tsb. Banyak Valve type sport dijejali ke congor dapur pacu si Raja guna memenuhi kebutuhan akan kecepatan & akselari yang tidak ada habis2nya. Beberapa contoh Valve yg umum biasa dijejali ke RX-King adalah, Valve RX-Z, VFORCE, Ninja, RGR dll.

Akan tetapi banyak penggemar RX-King mengurungkan niat mengganti piranti katub standar dgn type yang lebih lebar / luas tsb, karena :
- Pertama Harga piranti VALVE tsb sangat tinggi. itupun belum termasuk ongkos pasang dll.
- Kedua para penggemar enggan memaksakan pemasangan VALVE lebar tsb ke BLOK MESIN kesayangan mereka karena Lubang masuk atau intake blok harus dibabat atau diperlebar guna memaksakan VALVE type lebar tsb agar bisa dijejali ke blok Raja.

Akan tetapi kita bisa melakukan modifikasi valve RX-King standar kita agar dapat mengimbangi kinerja VALVE type lebar / Luas.
Dan Lebih asiiknya lagi kita gak perlu keluar uang sepeser-pun juga pengerjaannya sangat mudah sehingga kita bisa melakukannya sendiri.

Alat2 yang dibutuhkan: 1. Bor Tuner, 2 Obeng, 3 Kunci 10, 4 kikir.

Caranya mudah kok:

1. Lepaskan karbu lalu intake + valve sehingga terlepas dr Blok mesin.


2. Lepaskan lidah valve dgn obeng. Lakukan Hati2. Disarankan menggunakan obeng yang bagus sehingga dapat membuka dgn mudah.

3. Lakukan pelebaran pd 4 lubang rumah valve dgn menggunakan bor tuner. Lakukan dengan hati2 jangan sampai meleset sehingga mengakibatkan kebocoran pada valve.

user posted image

Untuk modifikasi valve motor Raja standar atau harian atau korekan semi bisa membabat rumah valve pada bagian belakangnya saja. Tapi untuk Raja2 ekstreme ato Full bisa melakukan perluasan disemua sisi. Pada gambar bisa dilihat perbandingan pembabatan yg dilakukan dari diameter lubang standar & yg sudah diperlebar bagian belakangnya.


4. Setelah beres semua dilebarkan pada 4 lubangnya, rapihkan bagian sisi dalam rumah valve dgn Kikir.


5. Nah kalo sudah beres pasang kembali lidah valve. Pastikan Lidah terpasang dengan sempurna. sebab bila terjadi kebocoran bisa menyebakan power king ente jadi melorot. Lakukan penyetelan lidah bila diperlukan, akan tetapi disarankan bila melakukan penyetelan lidah diserahkan kepada mekanik atau pada orang yang sudah paham dengan penyetelan lidah valve.

6. Bila sudah rampung semua pasang kembali dan lakukan penyetelan karbu. Untuk motor2 korekan semi bisa memanfaatkan peningkatan pd spuyer atau main jet 1-2 tingkat atau lebih tergantung type korekan atau tingkat kebutuhan permintaan power mesin Raja masing2. Buat yang motor2 standar atau korek harian bisa juga tanpa mengganti spuyer. Cukup lakukan seting angin saja walau mungkin kurang begitu maksimal tapi it's OK.

NAH Asiik kan... sekarang Valve RX-King Standar ente gak kalah dibanding dengan valve motor2 sport.

*from_http://www.kcdj.org

No comments:

Post a Comment